Senin, 05 Maret 2018

Menanam Sayuran Organik di Lahan Sempit

Menanam Sayuran Organik di Lahan Sempit
Apakah anda mempunyai lahan tidak terpakai di rumah ? Bila anda mempunyai lahan tidak begitu luas, jangan sia-siakan lahan tersebut. Karena, bisa saja itu adalah peluang untuk bisnis sayuran organik yang cukup menjanjikan.
Prospek bisnis menanam dan menjual sayuran organik masih terbuka lebar. Permintaan sayuran organik semakin hari semakin meningkat. Kesadaran akan kesehatan dengan mengonsumsi sayuran organik semakin meningkat seiring kemajuan jaman.
Sayuran organik sangat digemari para vegetarian, sebab selain rasanya lebih enak, ternyata nutrisinya juga lebih banyak dibanding sayuran biasa.
Menurut beberapa peneliti, sayuran organik lebih sehat dibanding sayuran biasa dan lebih aman dibanding sayuran biasa. Penanaman sayuran biasa dengan cara konvensional banyak menggunakan pestisida dan pupuk kimia. Ini yang merugikan bagi kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai penyakit.
Sayuran organik, jual sayur organik di Bogor, pertanian organik, memanfaatkan lahan tidur, pemanfaatan lahan tidur, pelatihan pertanian organik di Bogor, pelatihan urban farming, bibit buah unggul
 Menanam Sayuran Organik

Bagaimana membedakan sayuran organik dengan sayuran biasa
Biasanya dilihat dari kondisi fisik, sayuran organik biasanya ukurannya lebih kecil dibanding sayuran biasa. Dan ciri khas sayuran organik adalah terlihat lubang-lubang kecil pada permukaan daun dimakan ulat yang merupakan indikasi bahwa sayuran organik tersebut tidak memakai pupuk dan obat kimia.
Sayuran organik mempunyai nilai ekonomis lebih tinggi dibanding sayuran biasa. Karena pelaku usaha pertanian organik belum banyak sedangkan permintaan banyak, maka harga sayuran organik lebih mahal.
Bukan itu saja, tetapi cara penanaman dan perawatannya juga berbeda. Perawatan sayuran organik lebih teliti dan butuh perhatian lebih, dan hanya menggunakan pupuk alami/kompos dan obat pembasmi hama alami. Hasilnya, sayuran organik lebih sehat dan lebih enak.
Umumnya sayuran organik hanya dijual di tempat khusus misalnya di supermarket, tidak heran jika anda jarang menemukan sayur organik di pasar tradisional.
Bisnis sayuran organik di lahan sempit
Sebelum memulai bisnis sayuran organik , sebaiknya anda perhatikan syarat-syarat berikut ini:

Lahan
Lahan merupakan syarat utama menjalankan bisnis sayuran organik. Bagaimanapun juga, lahan sangat penting untuk bisnis sayuran organik walaupun di lahan yang sempit. Dengan lahan yang tidak terlalu luas pun anda dapat memulai bisnis sayuran organik tanpa memakan tempat.
Di antaranya, anda bisa memanfaatkan metode penanaman secara vertikal, dengan metode ini menghemat lahan dalam bercocok tanam sayuran organik. Bertanam sayuran organik secara vertical cocok diaplikasikan di wilayah perkotaan.
Jadi kesimpulannya,  dengan lahan yang terbatas pun anda bisa memulai bisnis sayuran organik.
Media  tanam
Media tanam sayuran organik bisa menggunakan beberapa jenis media sebagaimana tanah yang yang sering digunakan untuk bercocok tanam. Bila menggunakan media tanah untuk menanam sayur organik, usahakan tanah subur yang banyak mengandung unsur hara.
Caranya mudah, campurkan tanah dengan pupuk kandang/kompos agar tanah memiliki kandungan nutrisi bagi tanaman.
Media lainnya adalah sekam yang biasa digunakan menanam tanaman hias, sekam juga bisa digunakan sebagai media tanam sayuran organik. Biasanya dicampur pupuk kandang/kompos. Media yang terakhir adalah air, dikenal juga dengan metoda pertanian hidroponik, nanti akan kita bahas juga ya.
Penanaman
Penanaman dilakukan dalam 2 cara, yang pertama cara langsung dan cara kedua dengan penyemaian terlebih dulu. Cara langsung umumnya untuk tanaman atau sayuran organik yang berdaun atau rambat. Misalnya sawi, kangkung, selada, bayam dan sebagainya. Cara ini, benih sayuran organik langsung ditanam dengan kedalaman 1-2 cm pada media tanam.
Untuk cara penyemaian, biasanya untuk sayuran buah seperti cabai, tomat atau terong. Tujuannya agar sauran organik buah bisa tumbuh optimal. Caranya, benih disemai pada tray semai, biarkan selama 2 minggu, kemudian dipindahkan di tempat pembesaran.
Perawatan
Sayuran organik membutuhkan perawatan berbeda dibanding bertanam sayur biasa. Tanaman organik relatif mudah terkena hama ulat karena sayuran organik tidak memakai pestisida kimia.
Untuk mengatasi hama pada tanaman sayuran organik biasanya menggunakan pestisida alami.  Ramuannya bisa menggunakan bahan alami misalnya jahe dan cabe yang dicampur dan dihaluskan. Pemakaiannya dengan cara disemprot pada tanaman sayuran organik.
Pemanenan
Pemanenan sayuran organik bisa dilakukan dua kali seminggu atau bisa lebih tergantung pertumbuhan tanaman. Tanaman yang cepat dipanen biasanya sayuran organik hijau atau sayuran daun.  Seperti bayam, kangkung atau sawi umur panennya lebih cepat dibanding dengan sayuran organik buah seperti tomat, cabai atau terong.
Jadi sebaiknya pilih tanaman sayur organik dengan umur panen singkat agar hasil panen bisa cepat dinikmati. Saran agar penghasilan Anda lebih besar, tanam sayuran organik yang nilai ekonomisnya cukup tinggi misalnya daun basil, lettuce, kailan, bayam merah dan sebagainya.
Sesudah memenuhi syarat di atas, Anda bisa langsung memulai bisnis sayuran organik di lahan sempit. Tetapi selain persyaratan tersebut, sebaiknya anda memahami media atau tehnik yang cocok digunakan.
Beberapa media yang bisa anda pilih

Media Polybag atau Pot
Media polybag atau pot bisa anda dapatkan dengan mudah di toko pertanian. Selain mudah didapat, polybag dan pot adalah media yang bisa digunakan di lahan sempit. Cara penempatannya bisa menggunakan rak atau digantung.
Sayuran organik, jual sayur organik di Bogor, pertanian organik, memanfaatkan lahan tidur, pemanfaatan lahan tidur, pelatihan pertanian organik di Bogor, pelatihan urban farming, bibit buah unggul
Menanam Sayuran Organik di Polybag

Polybag atau pot bisa menggunakan media tanah atau sekam sebagai media tanam sayuran organik. Dengan mencampur tanah dan pupuk kandang/kompos dengan perbandingan 1:2 (pupuk kandang 1 bagian : tanah 2 bagian). Kemudian masukan ke dalam polybag atau pot agar siap ditanami sayuran organik.
Saran kami, gunakan polybag ukuran besar untuk sayuran organik buah seperti tomat agar pohonnya bisa seimbang.
 
Media Hidroponik
Hidroponik adalah media tanamm yang menggunakan air, jadi pertanian hidroponik adalah metoda bertani modern menggunakan air sebagai media tanam. Biasanya menggunakan paralon berlubang yang disusun seperti rak.
Sayuran organik, jual sayur organik di Bogor, pertanian organik, memanfaatkan lahan tidur, pemanfaatan lahan tidur, pelatihan pertanian organik di Bogor, pelatihan urban farming, bibit buah unggul
Hidroponik

Mekanisme pertanian hidroponik ini,  sayuran disemai di tempat lain, kemudian dipindahkan ke dalam lubang paralon. Di dalam paralon air dialirkan sebagai perantara nutrisi yang akan diserap akar tanaman.
 
Sayuran organik, jual sayur organik di Bogor, pertanian organik, memanfaatkan lahan tidur, pemanfaatan lahan tidur, pelatihan pertanian organik di Bogor, pelatihan urban farming, bibit buah unggul
vertikultur
Media  Vertikulture
Sistem vertikultur cocok juga digunakan di lahan sempit. Vertikulture adalah metoda budidaya sayuran organik secara bertingkat ke atas, fungsinya agar tidak memakan tempat. Model media vertikulture ada beberapa macam yaitu model rak, gantung, tegak dan tempel. Model vertikulture ini banyak tersedia di pasaran, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
Bisa juga dibuat sendiri agar lebih ekonomis, biasanya menggunakan paralon.
Media Aeroponik
Metoda aeroponik masih jarang digunakan karena metoda ini tergolong masih baru. Aeroponik asalnya dari kata aero yang berarti udara dan ponik berarti budidaya. Jadi, metoda aeroponik merupakan tehnik menanam sayuran organik menggunakan udara sebagai media tanam, menggunakan styrofoam atau gabus yang dilubangi. Sedangkan untuk media tanam akar menggunakan busa.

Diatur agar akar tanaman menggantung, dan melalui akar ini nantinya nutrisi akan disemprotkan menggunakan sprinkler otomatis.

Demikian sekilas tentang menanam sayuran organik di lahan sempit seperti yang telah kami praktekkan di rumah..

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menanam Sayuran Organik di Lahan Sempit

Menanam Sayuran Organik di Lahan Sempit Apakah anda mempunyai lahan tidak terpakai di rumah ? Bila anda mempunyai lahan tidak begitu luas, ...